Menu Close

SEMUA TENTANG TINNITUS

Pernahkah Anda mendengar telinga Anda berdenging setelah menghadiri konser yang berisik? Suara itulah yang kita sebut tinnitus.

Tinnitus sering diartikan sebagai suara berdenging di telinga, tetapi masih mungkin untuk menemukan jenis lain. Misalnya, tampaknya berasal dari satu telinga, kedua telinga, atau di kepala. Ini mungkin terdengar seperti variasi suara yang berbeda, tidak hanya dering.

Kebisingan di saat-saat tenang adalah sesuatu yang tidak dapat dideteksi orang lain. Tinnitus dapat berlangsung hanya satu malam dan kemudian menghilang, tetapi mungkin tidak akan pernah hilang sepenuhnya untuk beberapa orang. Ini dapat terjadi pada semua usia, tetapi lebih sering terjadi pada orang di atas usia 65 dan dapat berkembang tiba-tiba atau berkembang perlahan seiring waktu.

Jenis tinitus apa yang ada?

Ada dua jenis utama tinitus.

Pertama, tinnitus subyektif, adalah suara yang hanya bisa didengar oleh orang yang dialaminya. Ini cenderung disebabkan oleh masalah, yang juga dikenal sebagai sistem saraf pendengaran, di sepanjang jalur antara telinga dan otak.

Jenis kedua, tinitus objektif, sangat jarang. Bentuk ini dipicu oleh suara di dalam tubuh yang dapat didengar oleh dokter dengan peralatan yang tepat.

Mari luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan penyebab dan pengobatan yang tersedia untuk tinitus.

Penyebab tinnitus

Kebanyakan tinitus terjadi ketika sel-sel kecil seperti rambut di telinga bagian dalam rusak. Ketika sel-sel rambut ini berfungsi sebagaimana mestinya, mereka mengirimkan impuls listrik ke otak, yang berbeda tergantung pada jenis suara yang telah mereka deteksi. Dengan tingkat presisi yang luar biasa, sel-sel yang rapuh ini dapat mendeteksi perbedaan nada yang halus. Namun, jika bengkok atau terbelah, sel-sel seperti rambut ini terkadang dapat mengirimkan gangguan listrik yang terekam sebagai suara.

Ada banyak alasan mengapa sel ini bisa bengkok atau rusak. Gangguan pendengaran terkait usia dan paparan suara keras adalah penyebab paling umum dari jenis kerusakan ini yang menyebabkan tinnitus.

Meskipun pikiran Anda mungkin langsung beralih ke suara keras yang terkait dengan ledakan, tabrakan mobil, atau mesin industri, Anda mungkin terkejut dengan beberapa suara penyebab tinitus lainnya. Volume suara dari earbud atau headphone Anda cukup untuk menyebabkan kerusakan pendengaran tersebut. Meskipun terpapar suara keras dari konser, acara olahraga, atau klub dansa biasanya hanya menyebabkan telinga berdenging, kerusakan permanen juga dapat terjadi.

Selain penyebab umum tinnitus, penyebab tinnitus yang lebih jarang dapat diakibatkan oleh penumpukan kotoran telinga, penyakit Meniere, TMJ, cedera, kejang otot, dan bahkan perubahan struktur tulang.

Mencegah tinitus

Seperti yang telah disebutkan, tinitus sering kali muncul dari paparan suara yang keras. Itulah mengapa sangat penting untuk memakai pelindung pendengaran setiap kali terkena suara keras untuk menghindari tinitus jenis ini.

Mereka yang tempat kerjanya membuat mereka terpapar kebisingan harus berkonsultasi dengan manajemen mereka tentang apa yang dapat dilakukan untuk membatasi paparan, tetapi mereka juga harus memastikan untuk memakai pelindung pendengaran yang disediakan dan diwajibkan oleh hukum.

Tindakan pencegahan penting lainnya adalah membatasi penggunaan dan volume headphone, termasuk earbud. Dengan menggunakan perangkat ini dengan volume keras, bahkan orang yang sangat muda pun dapat merusak telinga mereka, jadi pastikan mereka menjaga waktu dengan headphone dalam waktu terbatas setiap hari.

Perawatan untuk tinnitus

Saat ini, tidak ada cara untuk menyembuhkan tinitus secara medis. Tetapi banyak pilihan perawatan yang dapat membuat suara tidak terlalu kentara.

Terapi Suara: Banyak orang merasa mesin kebisingan sangat menenangkan, terutama saat tidur. Bahkan ada berbagai aplikasi ponsel cerdas atau video online yang memutar “musik penyamaran tinnitus” tertentu, sehingga tinitus sama sekali tidak terlihat.

Cognitive-behavioral therapy (CBT) : Cognitive-behavioral therapy adalah jenis terapi bicara yang sangat berguna untuk membantu orang mengatasi tinnitus mereka dengan lebih baik. Ini melengkapi pasien dengan alat mental untuk menangani dering di telinga mereka dan mencegahnya mengganggu kehidupan sehari-hari mereka.

Alat bantu dengar untuk tinnitus: Banyak alat bantu dengar meningkatkan pengalaman ‘tingkat suara’ pengguna secara keseluruhan, yang dapat membantu mereka mengabaikan suara tinnitus dengan lebih baik. Alat bantu dengar modern dapat membantu meredakan tinitus dengan mengeluarkan suara yang menyembunyikan tinitus yang dimaksud.

Walaupun alat bantu dengar biasanya tidak dianjurkan dalam kasus yang melibatkan tinnitus tanpa gangguan pendengaran, mengingat kedua kondisi tersebut sering berhubungan, disarankan untuk memeriksakan pendengaran Anda jika Anda mengalami tinnitus. Tes ini tidak menimbulkan rasa sakit dan mudah, dan yang terbaik adalah mengetahui sejak awal bahwa Anda memiliki tingkat gangguan pendengaran, sehingga Anda dapat mengubah gaya hidup dan menjadwalkan tes pendengaran tambahan rutin untuk melacak pendengaran Anda.

Jika anda atau anak anda mengalami masalah pendengaran, AQM Hearing Center bersedia membantu anda untuk mendapatkan manfaat dari alat bantu dengar, anda dapat datang langsung ke Klinik Pendengaran Depok AQM yang berada di  Konserta Co-Working Space, Jl. Ir. H. Juanda No. 43 Depok.

Klinik Pendengaran Depok AQM Hearing Center menyediakan berbagai layanan yang dapat menjadi solusi masalah pendengaran anda. Segera konsultasikan masalah pendengaran anda ke AQM Hearing Center sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: